Selasa, 20 Januari 2009

KokOlogi..KokoLogi..kokoLogi ---an






Masih melanjutkan All about alam bawah sadar, ternyata secara empiris ada yang memang bisa kita deteksi melalui games. Biasa dinamakan KOKOLOGI, tebak darimana? Tepat dari Jepang yang berasal dari kata kokoro----pikiran, perasaan, semangat dan logia---ilmu. Games ini bekerja menggunakan prinsip alam bawah sadar manusia, dimana pilihan atau tindakan yang spontan kita pada dasarnya apa yang sedang bergolak dalam diri atau yang sedang benar-benar kita impikan. Permaian psikologi yang dirancang oleh Nagao&Saito ini untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang melalui respon situasional.

Aturan memainkan kokologi dibawah ini;

  1. katakan hal pertama yang muncul di kepala Anda
  2. Lebih menyenangkan mainkan bersama orang lain
  3. Jangan pernah sekalipun untuk mengira-ngira jawaban, mengalirlah bersama pikiran murni Anda
  4. Jujurlah dengan diri sendiri
  5. Jangan membaca lebih awal jawaban dari setiap pilihan
  6. lihatlah reaksi orang termasuk diri sendiri
  7. Terakhir... tetaplah berpikiran terbuka

Semakin penasaran dengan kokologi Anda boleh mencoba satu ini,, Ingat ikuti tahapannya jangan melompat-lompaot Okey??

Permen Manis Untuk Si Manis

Pernah mendengar dongeng tentang dua orang bocah yang tersesat di hutan kemudian menemukan sebuah rumah yang penuh dengan permen coklat kue kue yang menggiurkan. Posisikan diri Anda pada suasana tersebut.... Apakah sudah? Yap Berarti Anda sudah siap mengikuti permainan ini.Ketika Anda sedang kebingungan dan tersesat, tiba-tma melihat kondisi tersebut mulai Anda bertindak. Menengok kiri-kanan dan benar-benar memeriksa apakah tidah ada nenek sihir disana..Anda mulai mendekati rumah tersebut denga mata memandang lurus kedepan. Mulai mengambil dan.......apa yang Anda lakukan selanjutnya, PILIH SALAH SATU

  • Saya mulai makan apa saja yang kelihatan
  • Saya berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang kujimpai
  • Saya menemukan permen kesukaan dan tetap akan makan itu saja
  • Saya tidak suka permen, sebenarnya saya lebih suka permen garing

BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKAN BAYANGKA BAYANGKAN

Sudah siap, Anda sudah memilih satu jawaban, dan selamat menyingkap kepribadian anda... (hehehehe kenapa bahasanya serius sekali )

Disini permen dan makanan kecil merupakan makanan yang secara tidak sengaja sampai ke perut (paham?)jadi tidak setara dengan nasi, lauk pauk, Roti de el el, diibaratkan dalam menjalinrelasi sosial dengan orang lain dan alam bawah sadar bekerja disisni. Cara Anda mendekati permen coklat dan kue-kue dipandang sebaga cara Anda menyingkap pendekatan terhadap persahabatan,

  • Saya mulai makan apa saja yang kelihatan

Anda layaknya anak polos yang ingin menjali persahabatan dengan siapa saja, ini membuat Anda diterima banyak orang. Anda menjadi terlalu dapat dipercaya dan terburu-buru

  • Saya berusaha mencoba sebanyak mungkin permen yang kujimpai

Anda tidak keberatan bertemu dengan banyak orang di dunia, dan seperti itu selayaknya. Anda paling ahli menemukan kualitas yang baik dalam diri orang lain. Memang bagus dapat menikmati semuanya sedikit-sedikit tetapi ada saatnya Anda harus mengakui ”Kau adalah orang yang paling baik dari semuanya”

  • Saya menemukan permen kesukaan dan tetap akan makan itu saja

Menemukan satu orang saja di dunia yang sama dengan Anda itu sudah ckup dan Anda tidak perlu mengetahui yang lai. Tapi dengan membatasi diri apakah Anda benar-benar bahagia?

  • Saya tidak suka permen, sebenarnya saya lebih suka permen garing

Anda beranggapan bahwa mundur dari kehidupan adalah yang paling baik, Anda kelihatan terlalu keras untuk sedikit berbeda. Ingat orang yang takut dianggap orang biasa pada dasarnya dia orang biasa tersebut.

Diambil dengan beberapa modifikasi dari Seri Permainan Psikologi KOKOLOGI 2 (Tadahiko Nagao dan Isamu Saito)

Nah masih pada penasaran abot Kokologi, nih coba mainkan games kedua (ups.. bahasanya udah ganti hehehe) Ingat masih dengan aturan yang sama lho!

Suatu hari kamu berada di balkon rumah sambil menikmati indahnya pemandangan, ada banyak binatang berkeliaran di bawah balkon Anda sedangkan pikiran Anda mengembara entah kemana... Datanglah dua ekor binatang yang berbeda jenis satu binatang membaea kabar yang Anda nantikan dan itu kabar baik menurut Anda. binatang yang lain membawa kabar buruk yang tidak ingin Anda dengar saat ini. menurut Andsa binatang manakah itu yang membawa kabar baik dan kabar buruk. Silakan Pilih,,,,

Harimau

Anjing

Domba

Burung beo

Kura-kura

Sudah memilih, postkan di coment atau emailkan ke luhmea@yahoo.com dan Anda akan mendapat jawaban yang tak terduga atau Anda pikirkan sama sekali hehehehe ;), Ini masih pula berkaitan dengan Fase perkembangan kepribadian ala freud yan ke 5. hayoo penesaran makanya, pililah hohoho.......... Thanx.

10 komentar:

yayan mengatakan...

kalo saya, yg ngasih kabar baik Harimau, kabar buruk Burung Beo.. jadi apa kepribadiannya? :D

LuhMea's CoReT2an mengatakan...

hmmmm hehehe mau dipulikasikan ndak ni jawabannya? soalnya berkaitan dengan fase ke-5 perkembangan kepribadian freud :P

yayan mengatakan...

oh, hehehe, ga papa dipublish juga, biar ketahuan, hohohoh :D

LuhMea's CoReT2an mengatakan...

ok..ok..karakter anda kuat penuh motivasi, gigih, dan pekerja keras..hmm anda pun memandang masa depan akan lebih baik jika didampingi (hehehe.. patner hidup)orang yang penuh motivasi dan kelihatan kemampuan memimpinnya, (walo pemimpin RT tetap Anda :P)
Anda paling enggan membayangkan akan hidup bersama orang yang malas dan tidak suka bekerja.namun, ingat terkadang relaksasi sejenak dengan orang yang bisa menghibur mungkin menyenangkan.

its just games!!! hohoho

yayan mengatakan...

hohoho, somehow, mirip sekali denganku :p, wonder who is partner hidup itu,,,hoho

nice games :D

LuhMea's CoReT2an mengatakan...

pertanyaan mas fatah(elfathw@yahoo.com):
kalau yang bawa berita baik harimau dan berita buruk anjing, truuuuuuuuuus gmana tu?


hehe tertarik jg ma games!

LuhMea's CoReT2an mengatakan...

semangat anda luar biasa, ambisius, tangguh, dan pekerja keras so anda pun merancang sebuah keinginan untuk hidup dimasa mendatang dengan pasangan (kekekeke..patner hidup)yang demikian pula,,anda paling anti dan tidak pernah membayangkan bakalan hidup dengan orang yang bertipe "yes man" hehe yang sibuk menyenangkan orang lain dan memikirkan apa yang dikatakan orang-orang. namun, sekali waktu anda juga membutuhkan kesetiaan lho. hehehe so Anda paling cocok nonton film "Yes Man" :P udah tayang kan?/ jadi nonton lum??

its just a game...

yayan mengatakan...

wah, hehehehe, kok bisa ya, mirip sekali, masak kepribadianku bisa ditebak? haha,, -_-!

well, its just a game though, tapi paling nggak bisa membantu mengenal diri sendiri ya,,, meybe,,, boleh juga tuh film Yes Man, belum nonton, udah lama ga nonton film :p

LuhMea's CoReT2an mengatakan...

hehehehe...masak tho sama? tapi pas ak nyoba iseng-iseng n jawabnya juga dengan spontan malah sesuai je.. mgkin mang ada peran bawah sadar he...

masih banyak lho games dengan situasi yang laen,, mau coba lagi?? nanti lah postig lagi.

LuhMea's CoReT2an mengatakan...

oh ya, soalna psikologi tu bukan ilmu sekedar nebak lho,,, ilmiah nih!! heee didukung data-data empiris pula. boleh disebarkan ke temen-temen. Iklan iklan..